Header Bimtek Tata Cara Verifikasi Persyaratan Dukungan Calon Perseorangan Pemilihan Tahun 2020 dengan KPU Kabupaten/Kota Se-Kalteng

Bimtek Tata Cara Verifikasi Persyaratan Dukungan Calon Perseorangan Pemilihan Tahun 2020 dengan KPU Kabupaten/Kota Se-Kalteng

Palangka Raya - KPU Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Bimbingan Teknis Tata Cara Verifikasi Persyaratan Dukungan Calon Perseorangan dan Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (SILON) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2020 bagi KPU Kabupaten/Kota se-Kalteng, pada Rabu (18/12). Bertempat di Aquarius Boutique Hotel, peserta Bimtek terdiri dari Ketua, Anggota Divisi Teknis Penyelenggaraan, Anggota Divisi Hukum dan Pengawasan, Kepala Sub Bagian Teknis dan Hupmas se Kalimantan Tengah serta Operator SILON KPU Kabupaten Kotawaringin Timur.

Dalam Laporan Penyelenggaraan Bimtek, Kepala Bagian Program, Data, Organisasi dan SDM KPU Kalteng, Toni Sadoso Saputra menyampaikan bahwa Bimtek Tata Cara Verifikasi Persyaratan Dukungan Calon Perseorangan dan Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (SILON) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2020 diselenggarakan selama 3 (tiga) hari, mulai dari hari Rabu (18/12) sampai dengan Jumat (20/12). Tujuan Bimtek ini untuk memberikan pembekalan, pengetahuan teknis dalam proses dan tahapan pencalonan serta pengenalan SILON Pemilihan Tahun 2020. Sedangkan narasumber pada kegiatan ini adalah Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Provinsi Kalteng, Sastriadi, Anggota KPU Divisi Hukum dan Pengawasan Sapta Tjita serta dari Biro Teknis KPU RI.

Plh.Ketua KPU Kalteng, Sastriadi dalam sambutan pembukaan mengingatkan pentingnya tahapan pencalonan sehingga diperlukan pembahasan secara komprehensif untuk pengelolaan dokumen pencalonan maupun penggunaan SILON. Bimtek ini hendaknya dapat dimanfaatkan untuk mengantisipasi masalah-masalah yang akan terjadi kedepannya dalam tahapan pencalonan. Sastriadi menambahkan kepada Tim Helpdesk Pencalonan yang akan melayani kebutuhan informasi agar menyajikan tahapan pencalonan secara detail. Selain itu, 1 (satu) KPU Kabupaten yaitu Kotawaringin Timur, yang akan menyelenggarakan Pemilihan tahun 2020 dihimbau untuk bekerja secara profesional, mandiri dan berintegritas.

Materi tentang regulasi dan kebijakan-kebijakan pencalonan dalam Pemilihan Tahun 2020 dipaparkan oleh Sastriadi. Materi ini mengupas tentang tahapan pencalonan dari segi regulasi dan teknis pencalonan yang diusung partai politik/gabungan partai politik maupun dari jalur perseorangan. Beberapa pertanyaan muncul antara lain terkait kebijakan Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sebagai pengganti Kartu Tanda Penduduk (KTP), syarat pencalonan bagi bakal pasangan calon yang berasal dari Pegawai Negeri Sipil (PNS), serta teknis verifikasi syarat dukungan bagi calon perseorangan. Selain itu Sapta Tjita, mengingatkan juga kepada KPU Kabupaten/Kota agar bekerja sesuai regulasi pada saat penyampaian materinya. Suksesnya pelaksanaan Pemilihan Tahun 2020, diwujudkan dengan upaya meminimalisir sengketa pada akhir penyelenggaraan, tambahnya.

Pengenalan dan penggunaan Aplikasi Pencalonan Pemilihan Tahun 2020 dipaparkan oleh Narasumber KPU RI Muhammad Faddilah. Dalam sesi ini dipaparkan secara teknis penggunaan SILON serta pentingnya SILON yaitu untuk meneliti kegandaan, keberadaan dukungan dalam DPT, penelitian syarat calon dan perbaikan syarat calon serta penetapan dan pengundian nomor urut pasangan calon. Sedangkan bagi pasangan calon digunakan untuk membantu dalam input dukungan serta mengetahui proses pencalonan.(Srk)

Posted in Berita on Dec 19, 2019