Header “Kawal Digitalisasi Hasil Pemilu Dan Perluasan Informasi Publik, KPU Kalteng Adakan Bimtek”

“Kawal Digitalisasi Hasil Pemilu Dan Perluasan Informasi Publik, KPU Kalteng Adakan Bimtek”

Palangka Raya, www.kalteng.kpu.go.id – KPU Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan Bimbingan Teknis Digitalisasi Hasil Pemilu dan Perluasan Informasi Publik, Kamis, (12/12/2019).

Kegiatan ini dilaksanakan bertempat di Fairuz Hotel Palangka Raya dimulai pada pukul 19.00 WIB. Kegiatan Bimbingan Teknis ini dijadwalkan dilaksanakan pada tanggal 12 s/d 14 Desember 2019. Ketua Panitia Pelaksanaan Kegiatan Toni Sadoso Saputra pada saat penyampaian laporan pelaksanaan kegiatan menyampaikan “Bimbingan Teknis ini dilaksanakan dalam rangka penataan dan pengarsipan hasil Pemilu dalam bentuk digitalisasi, penataan email yang seragam dan standarisasi website”.

Plh. Ketua KPU Provinsi Kalimantan Tengah Sastriadi saat pembukaan menyampaikan “Selamat datang kepada para peserta Bimtek, kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan terciptanya Data Pemilu yang accessible (dapat diakses) dengan mudah oleh Publik dari Pemilihan Umum maupun Pemilihan Kepala Daerah, serta membangun dan menjaga kepercayaan publik”.

Sementara itu dikesempatan yang sama Anggota KPU Provinsi Kalimantan Tengah Sapta Tjita saat menyampaikan arahan menyampaikan “mari melaksanakan tugas sesuai ketentuan serta menjaga integritas dan soliditas tim dalam bekerja”

Pada hari kedua kegiatan Bimbingan Teknis dilaksanakan Simulasi Digitalisasi Hasil Pemilu dipimpin oleh Wawan Wiraatmaja Anggota KPU Provinsi Kalimantan Tengah Divisi Perencanaan, Data dan Informasi yang menyampaikan terkait Digitalisasi Hasil Pemilu proses yang dilakukan yakni, Mendata dan mengumpulkan berkas hasil Pemilu maupun Pemilihan. Mendigitalisasi dokumen dalam bentuk PDF, XLSX atau CSV, Menata data kedalam bentuk XLSX atau CSV, Menyiapkan narasi per jenis data melingkupi PDF, XLSX dan CSV serta narasinya ke dalam Folder Unit Kerja/Kode Tahapan/Jenis Dokumen, Pemantauan dan Pengumpulan Berkas Siap Unggah oleh Provinsi, Unggah ke dalam satu data KPU yang dapat diakses oleh publik di https://opendata.kpu.go.id. (G.C)

Posted in Berita on Dec 16, 2019