Kuala Kapuas, www.kpu.kapuaskab.go.id – KPU Kabupaten Kapuas menggelar Apel Kesiapan PPDP secara serentak di 17 Kecamatan di wilayah Kabupaten Kapuas, Sabtu, (18/7/2020). Apel kesiapan PPDP ini menandai gerakan pencocokan dan penelitian (Coklit) serentak yang telah dicanangkan KPU Republik Indonesia di seluruh Wilayah NKRI yang menggelar Pilkada Serentak Lanjutan Tahun 2020.

Gerakan Coklit Serentak merupakan lanjutan dari Gerakan Klik Serentak yang telah dilaunching tanggal 15 Juli 2020 yang lalu. Gerakan Klik Serentak (GKS dan Gerakan Coklit Serentak (GCS) diinisiasi KPU Republik Indonesia untuk meningkatkan kualitas daftar pemilih dan untuk memastikan daftar pemilih disusun dengan baik dan sesuai aturan yang ada dalam Peraturan KPU. Pada tanggal 18 Juli 2020 ini dibuka dengan adanya Apel Kesiapan PPDP yang menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19.

Usai apel, Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Kapuas turut memantau PPDP dalam melaksanakan Coklit (pencocokan dan penelitian data pemilih) ke rumah warga atau tokoh masyarakat di wilayah Kecamatan Selat dan Bataguh atau wilayah yang dekat dengan kota Kuala Kapuas. Apel yang bertempat di halaman kantor KPU Kabupaten Kapuas ini dimulai pada pukul 08.00 WIB. Ketua dan 3 (tiga) orang Anggota KPU Kabupaten Kapuas melaksanakan Apel Kesiapan PPDP di halaman kantor KPU Kabupaten Kapuas yang masuk Wilayah Kecamatan Selat, sedangkan 1 (satu) orang Anggota KPU Kabupaten Kapuas melaksanakan Apel Kesiapan PPDP di Wilayah Kecamatan Bataguh. Ketua KPU Kabupaten Kapuas, Jamilah Maisura, saat apel kesiapan PPDP yang turut diikuti pula oleh PPK, PPS dan Perwakilan PPDP di Kecamatan Selat menyampaikan pesan bahwa tahapan pemilihan yang dijalankan agar selalu diiringi dengan penerapan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 yang ditunjukkan dengan PPDP yang dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri berupa masker, faceshield/pelindung wajah, sarung tangan, membawa antiseptik dan menggunakan atribut pengenal PPDP berupa topi dan ban lengan, bagi PPDP saat melakukan Coklit ke rumah warga tidak lupa diwajibkan disiplin menjaga jarak, menghindari kontak fisik serta mengupayakan bertamu cukup di teras rumah. Untuk diketahui, 1.001 PPDP di Kabupaten Kapuas yang ditugaskan melaksanakan Coklit telah menjalani Rapid Test dengan hasil non reaktif. KPU Kabupaten Kapuas pada Gerakan Coklit Serentak ini berusaha meningkatkan kualitas dalam penyusunan daftar pemilih dengan tetap memprioritaskan keselamatan dan kesehatan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Lanjutan Tahun 2020, dimana hari pemungutan suara atau penggunaan hak pilihnya akan dilaksanakan pada Rabu 9 Desember 2020 mendatang. (G.C).

Posted in Berita on Jul 18, 2020