Palangka Raya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah, Jum’at (6/8) melaksanakan kegiatan Penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Universitas Palangka Raya (UPR) yang dilaksanakan secara daring di Ruang Aula Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Provinsi Kalimantan Tengah.

Pada kesempatan ini, Ketua KPU Provinsi Kalimantan Tengah Harmain mewakili KPU Provinsi Kalimantan Tengah melakukan penandatanganan MoU yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak. Turut hadir mendampingi Harmain, Anggota KPU Provinsi Kalimantan Tengah yang lain yakni Sapta Tjita Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan, Wawan Wiraatmaja Koordinator Divisi Perencanaan Data dan Informasi, hadir juga sebagai peserta Sekretaris KPU Provinsi Kalimantan Tengah Arief Suja’i yang didampingi oleh Kepala Bagian Perencanaan, Data, Organisasi, dan Sumber Daya Manusia KPU Provinsi Kalimantan Tengah Toni Sadoso Saputra. Dari pihak Universitas Palangka Raya penandatanganan ini dilaksanakan oleh Prof. Kumpiady Widen selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik yang didampingi oleh Jhon Retei selaku Wakil Dekan I.

Dalam sambutannya, Harmain menyampaikan bahwa KPU membutuhkan keterlibatan UPR untuk dapat membantu dalam mempersiapkan pelaksanaan kegiatan Pemilihan Serentak Tahun 2024 karena pelaksanaan tahapan akan dimulai pada bulan Februari tahun 2022. “Dalam waktu dekat kami akan mengundang UPR sebagai penanggap utama atas Penelitian kami dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Tahun 2020, dimana ini akan menjadi implementasi awal atas Mou yang mulai hari ini dilaksanakan” Ujar Harmain.

Sedangkan Kumpiadi yang mewakili UPR dalam hal ini menyambut baik dan mengucapkan rasa terima kasihnya kepada KPU Provinsi Kalimantan Tengah karena kesepakatan dapat direalisasikan dengan cepat. “Kami mewakili Rektor Universitas Palangka Raya mengucapkan rasa terima kasih kepada KPU Provinsi Kalimantan Tengah yang berkenan bekerja sama dengan UPR dan membantu untuk mengimplementasikan kebijakan Kementrian Pendidikan dan Riset Teknologi dalam kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka” pungkas Kumpiady.

Sebelumnya KPU Provinsi Kalimantan Tengah menerima kunjungan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Palangka Raya di Ruang Ketua KPU Provinsi Kalimantan Tengah pada 12 Juli 2021 yang lalu, untuk membahas program kerja sama antara Universitas Palangka Raya dengan KPU Provinsi Kalimantan Tengah. Dalam MoU yang disepakati, secara garis besar KPU Provinsi Kalimantan Tengah akan menerima Mahasiswa Universitas Palangka Raya untuk dapat melakukan kegiatan akademis yang berbentuk Program Magang/Kuliah Kerja Lapangan, dan Penelitian-penelitian akademis lainnya.(KNH)

Posted in Berita on Aug 06, 2021