Palangka Raya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis, (26/8) melakukan kunjungan ke Instansi Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Tengah sebagai upaya untuk menindaklanjuti berbagai program KPU RI diantaranya Program Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas), Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3), dan Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB).

Kunjungan KPU Provinsi Kalimantan pertama yang dipimpin oleh Eko Wahyu Sulistyobudi selaku Anggota KPU Provinsi Kalimantan Tengah Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia adalah Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) yang diterima oleh Sekretaris Dinas PMD Eka Dyan Satya. Dalam sambutannya Eko menjelaskan dan mengajak Dinas PMD Provinsi Kalimantan Tengah untuk dapat membantu 2 (dua) program KPU yang saat ini sedang berjalan yakni Bakohumas dan DP3. “Kunjungan kita ini sebagai tindaklanjut atas program KPU RI yang sedang kita jalankan yakni Bakohumas dan DP3, saya berharap Dinas PMD dapat ikut serta terlibat dalam program ini karena Dinas Teknis yang menaungi urusan Desa adalah Dinas PMD” ujar Eko.

Eka sebagai perwakilan dari Dinas PMD menyambut baik dan menyatakan kesiapan Dinasnya untuk bekerja sama atas program yang dilaksanakan oleh KPU. “Kami menyambut baik atas program Bakohumas dan DP3 yang diprakarsai oleh KPU, nantinya kami akan mengirimkan staf kami untuk ikut bergabung di Bakohumas dan untuk program DP3 sebelumnya kami juga memiliki agenda kegiatan yang mungkin mirip dengan DP3 yang pelaksanaannya dilaksanakan oleh Dinas PMD di Kota/ Kabupaten masing-masing, namun karena pandemi agenda tersebut terpaksa dihentikan karena anggarannya dipangkas” ujar Eka. Lebih lanjut Eka memberikan masukan bahwa sebaiknya KPU membuat MoU dengan Gubernur Kalimantan Tengah terkait kegiatan DP3 sehingga dengan MoU tersebut Desa mempunyai landasan hukum jikalau program DP3 KPU diimplementasikan di Desa dengan menggunakan Anggaran Desa.

Selanjutnya membawa misi yang sama dengan kunjungan sebelumnya, rombongan KPU Provinsi Kalimantan Tengah diterima langsung oleh Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Kalimantan Tengah Akhmad Husain. Dalam sambutannya Husain mendukung program Bakohumas, DPB, dan DP3 yang dilaksanakan oleh KPU terlebih beliau juga merupakan Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah di Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah yang membidangi urusan pemerintahan. “Saya rasa hari ini kami sepakat untuk bekerja sama dengan KPU Provinsi Kalimantan Tengah terhadap agenda-agenda yang sedang dijalankan yang membutuhkan keterlibatan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil maupun Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah, dan terkait urusan teknis kemudian hari semoga dapat dibahas lebih lanjut dan dapat dilaksanakan sesegera mungkin” ujar Husain.(KNH)

Posted in Berita on Aug 27, 2021