Header Rapat Rekonsiliasi dan Penyusunan Laporan Keuangan KPU Semester I Tahun Anggaran 2020 Tingkat Wilayah KPU Provinsi Kalimantan Tengah

Rapat Rekonsiliasi dan Penyusunan Laporan Keuangan KPU Semester I Tahun Anggaran 2020 Tingkat Wilayah KPU Provinsi Kalimantan Tengah

Palangka Raya - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah mengadakan Rapat Rekonsiliasi (Rekon) dan Penyusunan Laporan Keuangan KPU Semester I Tahun Anggaran 2020, minggu 19/07/2020 sampai dengan 21/07/2020 bertempat di Hotel Neo Palangka Raya. Dengan peserta kegiatan terdiri dari Sekretaris, operator SIMAK dan operator Saiba Sekretariat KPU Se-Kalimantan Tengah.

Rakor dibuka pada pukul 19.00 WIB oleh anggota KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM, Eko Wahyu Sulistiobudi, yang mengatakan bahwa kegiatan ini diadakan sebagai persiapan Reviu Laporan Keuangan Semester I Tahun 2020 sesuai Surat dari Inspektur Utama KPU RI kepada jajaran di Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk menyiapkan dokumen administrasi dalam rangka menghadapi jadwal rekonsiliasi, penyusunan dan penyampaian Laporan Keuangan T.A. 2020 semester I. “Oleh sebab itu maka pentingnya dibuat laporan keuangan yang tepat waktu dan tepat guna untuk seluruh KPU Kabupaten Kota di Kalimantan Tengah yang pendanaannya bersumber dari APBN,“ ujar Eko. Hal senada disampaikan oleh Sekretaris KPU Provinsi Kalimantan Tengah, Arief Suja’I yang menyatakan agar setiap Sekretaris KPU Kabupaten/Kota agar mempersiapkan laporan barang persediaan, laporan SIMAK Barang Milik Negara, dan Berita Acara Opname Fisik BMN hingga per Juni 2020. Arief juga mengungkapkan bahwa dokumen harus disiapkan dalam bentuk digital yang nantinya akan disampaikan pada saat pertemuan reviu laporan keuangan tingkat UAKPA dan UAPPA-W.

Dalam Rapat ini, KPU Provinsi Kalimantan Tengah sekaligus melakukan update perkembangan pelaksanaan Rapid Test bagi jajaran penyelenggara badan adhoc yaitu PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) sebagai syarat terlaksananya kegiatan coklit serentak dalam rangka pemutakhiran data pemilih di seluruh Indonesia terutama di Kabupaten dan Kota se-Kalimantan Tengah.

Turut hadir pada kegiatan ini sebagai narasumber yaitu Suryo Hartono dan Samsul Arifin perwakilan dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palangka Raya yang menyampaikan mengenai Juknis SIMAK 20.0.0, Juknis Saiba 20.0.0, Juknis Persediaan, Juknis Menu Likuidasi, Evaluasi Kinerja Portofolio Aset, Revaluasi BMN, selain itu perwakilan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Rival dan Karneji serta narasumber dari Kanwil Anggaran Provinsi Kalteng secara tatap muka menyampaikan mengenai penggunaan Akun khusus Belanja Covid-19 pada Satker. Serta dari Biro Umum KPU RI bagian SIMAK BMN Risma dan Mirah sebagai Koordinator Wilayah Kalimantan Tengah, Biro Keuangan KPU RI Bagian Aklap dan virtual melalui aplikasi zoom meeting.(Srk)

Posted in Berita on Jul 23, 2020